Home » , » Temu Wicara Kenal Medan 24 UPI Bandung

Temu Wicara Kenal Medan 24 UPI Bandung


Universitas Pendidikan Indoensia Bandung, Jawa Barat, menjadi tuan rumah Temu Wicara Kenal Medan Ke XXIV (TWKM) Mahasiswa Pecinta Alam Tingkat Perguruan Tinggi se Indoensia 2012 yang laksnakan dari tanggal 15 sampi 21 oktober 2012. Twkm merupakan wadah bagi seluruh MAPALA tingkat perguruan tinggi se nusantara untuk berbagi pengalaman, membahas isu lingkungan baik nasional maupun daerah dan mengenal alam sekitar sebagai rasa cinta akan tanah air.

TWKM ke 24 ini mengangkat tema " Revitalisasi peranan Mapala dalam Mengimplementasikan Tridarma perguruan tinggi". MPA Mahacita Universitas Pendidikan Indonesia sebagai panitia dan tuan rumah twkm kali ini sengaja mengangkat tema diatas untk menggali kembali peranan mapala dan menginginkan  ada karya nyata yang dihasilkan Forum terbesar Mapala se indonesia ini. salah satu misinya ialah menghasilkan Rekomendasi ke Departemen Pendidikan RI untuk memasukan Kurikulum Lingkungan sebagai kurikulum wajib di sekolah dasar, menengah dan umum. hal ini memang sangat diperlukan karena mengingat betapa pentingnya kesadaran akang menjaga dan mencintai lingkungan untuk generasi penerus bangsa ini.

Seminar dari seniman dan pemerhati lingkungan
acara ini dibuka langsung oleh walikota kota Bandung dan kemudian dilanjutkan dengan stadium general, seminar lingkungan yang pematerinya terdiri dari kementrina lingkungan hidup, Walhi, pemerintah provinsi jawa barat dan beberapa pemerhati lingkungan seperti arsitek Ridwan kamil, seniman-seniman kawakan yang saya lupa namanya :D.

Selain agenda utama dalam temu wicara ini, kegiatanlainnya ialah kenal medan yang terdiri dari Pendakian Gunung di pegunungan bandunung utara, penelusuran gua dikawasan kars sukabumi, pemanjatan tebing parang di purwakarta serta arung jeram di sungai citarum, citanduy dan cikandang. peserta dri kegiatan ini  berjumlah 300 orang berasal dari 114 Perguruan tinggi di seluruh indonesia.

Sepekan kegaiatan ini berlangsung dan telah mengahsilkan keputusan dan rekomendasi, diantaranya rancangan kurikulum konservasi untuk diaplikasikan di dunia pendidikan nasional, terpilihnya MPA Darmapala Universitas Darussalam Ambon Provinsi Maluku sebagai Tuan Rumah TWKM ke 25 2013, Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Singaperbangsa Karawang (MAPALASKA) yang terpilih sebagai Pusat Koordinasi Nasional.

Delegasi Mapala Motolomoia UNG
acara ini ditutup dengan malam pentas seni yang dimeriahkan oleh beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa UPI dibidang seni dan band band lokal kota bandung, semua peserta yang telah mengikuti Temu wicara maupun kenal medan selama 5 hari 5 malam sudah terkumpul dan larut dimalam yang penuh keakraban dan persaudaraan ini. besar harapan teman teman Mapala untuk Ide gagasan yang lahir di twkm kali ini bisa ditindaklanjuti  sehingga bermanfaat untuk bangsa dan negri yang kita cintai. Lestari..



Penulis: Unknown Bandung, Indonesia

Artikel Temu Wicara Kenal Medan 24 UPI Bandung, diterbitkan oleh Unknown . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Temu Wicara Kenal Medan 24 UPI Bandung dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Semoga pula blog ini dapat memberi manfaat pada siapapun yang membacanya, minimal jadi bahan renungan kala tersentuh, atau sekedar penghibur bila dianggap lucu..

0 komentar:

Posting Komentar

"Silahkan isi komentar dengan tidak berisi spam.." Terima Kasih..

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS