Home » , , » Musik Orkes Humor Khas Mahasiswa

Musik Orkes Humor Khas Mahasiswa

Musik Orkes Humor ditanah air dipelopori oleh OM PSP (Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks), mungkin mahasiswa jaman sekarang tak banyak yang mengenal mereka, namun jika kita bertanya kepada mahasiswa jaman 70an, PSP adalah idola mereka, selain PSP, ditahun 1980 ada OM PMR (Orkes Moral  Pengantar Minum Racun) dua grup orkes ini bisa dikatakan legenda  musik orkes ditanah air, musik orkes yang diusung dua grup ini ialah orkes humor yang hits dijamannya. dijaman sekarang lahir pula generasi orkes humor yang berasal dari dunia kampus, sebut saja PHB (Pemuda Harapan Bangsa), Kornchonk Chaos, dll. 

Berikut propil singkat Grup Orkes Humor dan lagunya yang sampai saat ini masih merupakan musik favorit ane :D

1. PSP (Pancaran Sinar Petromaks)
Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (disingkat OM PSP) adalah grup musik dangdut humor asal Indonesia yang popular pada paruh akhir dekade 1970-an, terutama di kalangan mahasiswa. Grup musik ini seringkali tampil bersama-sama dengan Warkop pada masa jayanya. Para personil OM PSP di antaranya adalah mahasiswa Universitas Indonesia yang berkampus di Rawamangun, Jakarta. Mereka adalah Rojali, Monos, James, Dindin, Aditya, Ade, dan beberapa orang lagi.


Beberapa lagu Hits PSP [Download mp3] :

2. PMR (Pengantar Minum Racun)
Orkes Moral Pengantar Minum Racun atau PMR adalah kelompok musik dangdut yang terkenal di akhir tahun 80-an. Mereka terdiri dari Jhonny Iskandar (vokalis), Boedi Padukone (gitar), Yuri Mahippal (mandolin + cuk), Imma Maranaan (bass), Ajie Cetti Bahadur Syah (perkusi), Harri "Muke Kapur" (mini drum), dengan pimpinan Jhonny Iskandar yang juga dikenal dengan nama aliasnya Jhonny Madu Mati Kutu.
 Beberapa lagu hits PMR :

3. PHB (Pemuda Harapan Bangsa) 
Sejarah berdirinya Orkes PHB ini adalah  diawali pada tahun 1996  di sebuah kampus Sekolah Tinggi Seni Rupa di Bandung..yakni STISI.. konon dahulu grup PHB ini bernama Doa Ibu Tersayang Kepada Anaknya Tercinta Semoga Selamat Sampai Tujuan.. Namun ketika pada suatu saat 1 kelas program Studi Desain Grafis angkatan 95 berembuk dan membuat sebuah team Sepak Bola yang bernama Graphic Design Soccer.. beratus ratus pertandingan dilewati dengan kekalahan..sekali pun menang mereka menang WO.. Gantung sepatu karena kecewa,akhirnya disepakati untuk membuat sebuah grup band sekalian untuk mengisi acara OSPEK JURUSAN Desain Grafis.. hanya saja mereka bingung untuk menentukan jenis Musik yang akan dibawakan, maklum skill bermusik mereka jauh dibawah skil dalam mendesign dan menggambar..
Akhirnya TEMTEM sang gitaris PHB terdahulu membawa sebuah kaset Pancaran Sinar Petromaks.. dan kesepakatan di antara mereka untuk membawakan dan  menciptakan jenis musik seperti OM PSP.  [berbagai sumber]

Beberapa Lagu Hits PHB

Mungkin masih banyak lagi lagu bergenre orkes humor baik yang dinyanyikan oleh PSP, PMR dan PHB  ataupun oleh grup orkes yang lainnya, namun lagu diatas ialah lagu favorit ane dari jaman dulu hingga sekarang.. hehehe.. mungkin bisa ditambah jika berkenan.. :D

Penulis: Unknown Bandung, Indonesia

Artikel Musik Orkes Humor Khas Mahasiswa, diterbitkan oleh Unknown . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Musik Orkes Humor Khas Mahasiswa dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Semoga pula blog ini dapat memberi manfaat pada siapapun yang membacanya, minimal jadi bahan renungan kala tersentuh, atau sekedar penghibur bila dianggap lucu..

15 komentar:

  1. Saya baru mengenal band orkes humor ini, tampangnya lucu-lucu.

    BalasHapus
  2. hehehe.. gak hanya tampangnya om, musiknya juga kocak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mendengarkan lagu-lagunya. maklum wong ndeso !

      Hapus
    2. hehehe coba aja didwnloa om.. enak musiknya

      Hapus
  3. saya denger lagunya waktu masih SMP sob, jadi ingat dulu hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. say jg gak bosan2 dengarnya dari dulu om :D

      Hapus
  4. sejak dulu menempuh studi saya sangat gemar mendengarkan musik PSP, Kornconk chaos, PHB, PMR, Sastro munie, produk gagal, pecasdahe kalau team lo saya ndak suka karena produk instan.
    PHB sampai saat ini masih saya dengarkan begitu juga PMR , Produk gagal, kornconk chaos . dari pada denger musik jalam sekarang, saya masih setia dengan musik seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh lengkap banget koleksinya mas.. :D
      iya, musiknya gak bikin bosan gak kaya musik jaman sekarang :D

      Hapus
    2. hehehe, karena musiknya lain ya mas, lebih kreatif, mungkin kalau baru pertama dengar akan kelihatan aneh

      Hapus
  5. Kalau mau download banyolan plus lagu dari Group PSP (Pancaran Sinar Petromaks) Full Album (tahun 1979) yg isinya udah di urutin mana yg obrolan/banyolan dan mana yg lagu,

    terus, urutannya juga gak dirubah (sesuai aslinya),
    maka bisa download di marih (ukuran 39mb, rar file berisi mp3 file) :

    http://www.4shared.com/rar/CXSweFWWce/PSP_1979_Full_Album.html

    BalasHapus
  6. Asyiikkkk ada yang nge review... Makasih yaaaa....

    BalasHapus
  7. mengenang masa lalu.... mantaabss

    BalasHapus
  8. kalo ada bisa ditambah spy lengkap gan

    BalasHapus

"Silahkan isi komentar dengan tidak berisi spam.." Terima Kasih..

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS