Home » , » Mengenal pemrograman Android

Mengenal pemrograman Android

Mungkin kita sudah sering dengar kata atau istilah 'Android', kata yang lagi trend di kalangan pecinta teknologi informasi ini memang lagi naik daun beberapa tahun belakangan. kali ini ane ingin belajar dan juga ingin share tentang pemograman android, namun sebelum lebih jauh belajar pemogramannya alangkah baiknya kita mengenal dulu istilah pemograman android, karena ada pepatah mengatakan kalu gak kenal maka tak sayang.. hehehe

Android merupakan nama sistem operasi (operating system) untuk telepon seluler (handphone) yang berbasis linux, menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptaan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam peranti penggerak. Android umumnya digunakan pada perangkat smartphone atapun tablet pc, ya fungsinya mirip Symbian di handphone Nokia, atau iOS di perangkat bermerek Apple atapun Balckberry di handphone blackberry. kelebihannya android tidak hanya berada di suatu merek ternetu saja akan tetapi terdapat dibanyak merek handphone misalnya Samsung, htc, acer dll.

Android lahir dari perusahaan Android Inc yang bekerjasama dengan perusahaan raksasa Google pada bulan juli 2010, pada saat itu banyak yang mengira bahwa Google akan terjun dipasar ponsel, hal ini dikarenakan android masih dianggap hanya sebagai perangkat lunak pada telpon seluler. Proyek yang dipimpin oleh Andy Rubin ini bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang berbasis kernel linux. Berikut gambar perkembangan android ari waktu ke waktu :
  • Versi Android 


  • Perkembangan Android

Android digadang gadang menjadi platform masa depan, android pun dipuji sebagai platform mobile pertama yang lengkap, terbuka dan bebas. lengkap disini berarti para desainer dapat melakukan pendekatan secara kompherensif ketika mereka sedang mengembangkan platform android, Terbuka berarti platfomr ini disediakan dengan lisesi oper source, dan bebas karena aplikasi ini bebas untuk dikembangkan.

beberapa elemen penting dan wajib anda sediakan dalam pengembangan pemograman Android ialah DVM ( the Dalvik Virtual Machine), Software Develoment Kit (SDK) dan Android Develoment Tools (ADT) . silahkan download di http://developer.android.com
Berikutnya ane akan posting contoh program sederhana untuk pembelajaran pemograman android.. 

Penulis: Unknown Bandung, Indonesia

Artikel Mengenal pemrograman Android, diterbitkan oleh Unknown . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Mengenal pemrograman Android dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Semoga pula blog ini dapat memberi manfaat pada siapapun yang membacanya, minimal jadi bahan renungan kala tersentuh, atau sekedar penghibur bila dianggap lucu..

0 komentar:

Posting Komentar

"Silahkan isi komentar dengan tidak berisi spam.." Terima Kasih..

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS